27 Penari Terbaik Lolos Final Pagelaran Sabang Merauke, Akan Tampil dengan Isyana pada Agustus Mendatang

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway kembali digelar. Pertunjukan ini yakni hasil kerja sama BCA dengan iForte sebagai wujud dedikasi dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Pada tahun ini, acara yang bertajuk “The Audition” ini berhasil menjaring 124 penari bertalenta dari seluruh Indonesia. Karena antusiasme yang tinggi ini, peserta malahan diseleksi dengan ketat sampai terpilih 50 finalis yang siap berkompetisi di ajang final.

Kemudian mereka diundang ke Jakarta untuk mencontoh acara final yang diselenggarakan pada 11 Mei 2024 lalu di Grand Indonesia, Jakarta. Para peserta ini dievaluasi seketika oleh juri-juri terkemuka dan berpengalaman di bidang industri pertunjukkan.

Juri-juri hal yang demikian https://crossings-restaurant.com/ yakni penari senior Didik Nini Thowok, musisi dan penyanyi Isyana Sarasvati, pemerhati seni Giok Hartono, sutradara “The Audition” Rusmedie Agus, dan Koreografer “The Audition” Sandhidea Cahyo Narpati.

Pentingnya faktor koreografi, baik yang bersifat wajib ataupun bebas. Elemen-faktor lain seperti orisinilitas dan keunikan tradisi tempat di Indonesia, serta kecakapan memberikan rasa dan ekspresi, menjadi nilai penilaian utama,” ujar Sandhidea Cahyo Narpati, Koreografer Pagelaran Sabang Merauke.

Para Peserta “The Audition”

Sebanyak 124 penari muda memiliki antusias tinggi untuk bisa berpartisipasi dalam Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway 2024 ini. Berasal dari beragam tempat berbeda, para peserta juga memiliki latar belakang tradisi serta genre yang berbeda-beda, mulai dari tari tradisional sampai modern.

Setelah hasil kurasi juri, terpilihlah 50 finalis yang siap menampilkan pertunjukkan terbaik mereka. Sebagian provinsi dengan peserta terbanyak yakni Sumatera Barat 19 orang, Jawa Timur 17 orang, Jawa Tengah 13 orang, Kalimantan Timur 12 orang serta D.I. Yogyakarta 12 orang.

Berdasarkan acara final “The Audition”, terpilih 27 nama sebagai pemenang yang akan ikut tampil dalam pertunjukkan final Pagelaran Sabang Merauke pada bulan Agustus akan datang. Juara kali ini didominasi oleh peserta asal pulau Jawa, yakni sebanyak 13 peserta. Sisanya, pemenang lain tersebar dari pulau besar lain di Indonesia.

Dalam progres penilaian para finalis, kamu menentukan banyak hal. Seluruh finalis menampilkan talenta luar awam dan motivasi untuk melestarikan seni tradisi. Mereka yakni generasi penerus yang wajib diacungi jempol. Saya cuma berkeinginan mempersembahkan, jangan merasa kecewa jika tidak terpilih sebab tiap-tiap dari kalian memiliki talenta yang luar awam,” ungkap Didik Nini Thowok, penari senior yang juga salah satu dewan juri.