Aksi Untuk Bela Palestina Diarea Patung Kuda Telah Berakhir Sekarang Dengan Massa Bubbar Dengan Tertib

Aksi unjuk rasa bertajuk bela Palestina berakhir pada Minggu sore (9/6/2024). Peserta unjuk rasa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina membubarkan diri dengan tertib dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Pantauan di lapangan, sejumlah tokoh seperti Din Syamsuddin dan Hidayat Nur Wahid membacakan pernyataan slot server thailand no 1 sikap atas kekejaman Israel kepada rakyat Palestina secara khusus Gaza.

Mereka kemudian turun dari atas panggung diiringi sholawat nabi. Sementara itu, peserta aksi terus mengibar-ngibarkan bendera Palestina.

Berakhir tokoh meninggalkan panggung, panitia acara memberikan imbauan kepada massa aksi untuk kembali kediamannya dengan tertib. Massa aksi juga dipinta tidak mengizinkan sampah-sampah berserakan.

“Kita pulang dengan tertib, tolong diperhatikan juga sampah-sampah jangan ditinggalkan,” imbau panitia.

Panitia mengatakan, aksi ini tidak berhenti dan terus digelorakan sampai Palestina menerima kemerdekaan.

“Esok siap turun ke jalan? Siap berikan dukungan kepada saudara-saudara kita di Palestina, takbir!,” ujar panita disambut gema takbir.

Massa aksi bela Palestina mulai meninggalkan Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jakarta Pusat. Sementara itu, petugas PPSU juga mulai membersihkan sisa-sisa sampah yang tertinggal.

Arus lalu lintas di sekitar wilayah Patung Kuda berangsur-angsur normal. Petugas Dinas Perhubungan bersama kepolisian mulai memindahkan penahan beton yang memalangi jalan di depan Gedung Sapta Pesona.

Ribuan Massa Gelar Aksi Bela Palestina di Patung Kuda, Sukses Kumpulkan Donasi Rp46 Juta
Ribuan orang menggelar Aksi Bela Palestina di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Minggu (9/6/2024).

Pantauan Liputan6.com di lapangan, peserta aksi unjuk rasa tumpah ruah menutup jalanan di wilayah Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Tak sedikit, dari mereka datang bersama anak dan istri.

Terlihat, beberapa peserta unjuk rasa mengenakan baju koko dan sorban dengan warna bendera Palestina. Mereka juga dengan penuh motivasi mengibar-ngibarkan bendera Palestina. Ada pula yang membentangkan poster bertulisan dukungan kepada Palestina.

Sebuah panggung besar di wilayah Silang Monas. Dari atas panggung, panitia memperkenalkan orasi sambil memberikan instruksi kepada peserta Aksi Bela Palestina.

Kecuali memperkenalkan aspirasi, panitia juga menggalang sumbangan. Sampai pukul 16.08 WIB berhasil menghimpun dana Rp46 juta.

“Update sumbangan sementara terkumpul, Rp46 juta,” ujar panitia dari atas panggung, Minggu (9/6/2024).

1.597 Personel Polisi Amankan Aksi Bela Palestina

Sebelumnya, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARIBP) akan menggelar aksi unjuk rasa di wilayah Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat pada Minggu (9/6/2024). Polisi mengerahkan 1.597 personel untuk untuk mengawal aksi hal yang demikian.

“Personel yang dikerahkan berjumlah 1.597 personel,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2024).

Susatyo mengatakan, aksi bela Palestina rencananya berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Terkait hal ini, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar wilayah Medan Merdeka. Melainkan, sifatnya situasional tergantung keadaan di lapangan.

“Apabila ekskalasi meningkatkan akan kita tutup jalan Merdeka Barat, arus lalu lintas akan kita alihkan,” sebut dia.