Jembatan Francis Scott Key di Baltimore AS Runtuh

Baltimore – Sebagian dari Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, AS runtuh setelah sebuah kapal kargo bertabrakan dengannya pada Selasa 26 Maret 2024 pagi, menyebabkan banyak kendaraan jatuh ke air.

Sekitar pukul 01.30, sebuah kapal menabrak jembatan, terbakar lalu tenggelam. Sebuah video yang diposting di X terlihat menunjukkan sebagian besar jembatan sepanjang 2,6 km itu ambruk karena sejumlah kendaraan jatuh ke slot 77 air di bawahnya.

“Semua jalur ditutup kedua arah karena kejadian di Jembatan Kunci I-695. Lalu lintas dialihkan,” tulis Otoritas Transportasi Maryland di X seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (26/3/2024).

Petugas tanggap darurat sedang mencari setidaknya tujuh orang yang diyakini berada di dalam air, kata Kevin Cartwright, direktur komunikasi pemadam kebakaran Baltimore.

Cartwright mengatakan lembaga-lembaga tersebut telah menerima panggilan darurat sekitar pukul 01.30 pagi, yang melaporkan sebuah kapal yang berangkat dari Baltimore menabrak tiang di jembatan, menyebabkan jembatan runtuh.

Saat itu, terdapat beberapa kendaraan yang berada di atas jembatan, termasuk satu kendaraan berukuran traktor-trailer.

“Fokus kami saat ini adalah mencoba menyelamatkan dan memulihkan orang-orang ini,” kata Cartwright.

Dia mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui berapa banyak orang yang terkena dampak namun menggambarkan keruntuhan tersebut sebagai “peristiwa yang terus menimbulkan korban massal”.

Cartwright mengatakan sepertinya ada “beberapa muatan atau penahan yang tergantung di jembatan”, sehingga menciptakan kondisi yang tidak aman dan tidak stabil serta mempersulit operasi penyelamatan.

“Ini adalah keadaan darurat yang mengerikan,” katanya.