KPU Indonesia Jakarta Siap Untuk Rekrut 29.315 Petugas Pemutakhiran Data Dari Pemilih

Jakarta akan melakukan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) semenjak tanggal 13 hingga 19 Juni 2024. Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta, Fahmi Zikrillah memperkenalkan bahwa keperluan pantarlih sebanyak 29.315 orang yang tersebar di 14.775 TPS se DKI Jakarta.

“Mereka nanti nya akan bertugas slot qris melakukan pemutakhiran data pemilih dengan mencoklit dari rumah ke rumah, menentukan segala warga DKI Jakarta yang sudah memenuhi persyaratan sebagai pemilih didata dalam daftar pemilih,” ungkap Fahmi, Rabu (5/6/2024).

Lebih lanjut Fahmi menerangkan bahwa tahapan pemutakhiran data pemilih dengan mencoklit pemilih secara seketika adalah tahapan yang betul-betul krusial.

Karena, baik buruknya mutu data pemilih pada pilkada akan datang betul-betul bertumpu dari progres coklit ini.

Karena itu, Fahmi berkeinginan mereka yang nanti terpilih sebagai pantarlih dapat bekerja dengan optimal, sehingga dapat menciptakan data pemilih yang mutakhir, komprehensif dan cermat.

Pantarlih akan dilantik pada tanggal 24 Juni akan datang, dengan masa kerja 1 bulan, hingga 24 Juli tahun 2024.

Optimalkan Tiap-tiap TPS

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos menekankan supaya jumlah pemilih pada setiap TPS dapat dioptimalisasi hingga 600 orang per TPS.

Lebih lanjut, Betty mengingatkan bahwa ada 4 aspek yang seharusnya dilihat dalam melakukan pemetaan TPS. Pertama, tak menggabungkan kelurahan, kedua kemudahan pemilih ke TPS, ketiga tak memisahkan pemilih dalam satu KK pada TPS yang berbeda, dan keempat adalah aspek geografis.

“4 hal tersebut seharusnya betul-betul dipertimbangkan dalam pemetaan TPS,” ungkap Betty.

Betty berpesan supaya KPU DKI Jakarta melakukan berkoordinasi dengan stakeholder berkaitan, supaya progres pemutakhiran data pemilih dapat berjalan dengan baik dan lancar.