Bumil Malas Makan? Ini Cara Mengatasi Hilang Nafsu Makan Saat Hamil

Banyak ibu hamil yang Slot777 mengeluhkan menurunnya nafsu makan ketika mereka hamil, terutama di awal trimester kehamilan. Jika hal ini terus terjadi, tentu ini akan memberikan dampak yang buruk, karena ibu dan janin dapat kekurangan nutrisi. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi kesehatan dari ibu hamil dan juga perkembangan sang janin.

Kehilangan nafsu makan ketika hamil pada umumnya disebabkan karena adanya perubahan hormon dan morning sickness. Ini sebenarnya merupakan kondisi yang wajar, terutama jika terjadi di awal trimester kehamilan. Namun, perlu untuk disadari bahwa jika terus berlanjut ini akan berbahaya.

Idealnya, ibu hamil akan bertambah sekitar 11-16 kg dari berat badan awalnya. Jika seorang ibu hamil kurang nafsu makan, berikut ini kami akan memberikan tips untuk menghindari hal tersebut. Yuk, disimak!

Tips Mengatasi Hilang Nafsu Makan Ibu Hamil

1. Mengonsumsi Makanan yang Agak Dingin

Pada umumnya, mengonsumsi makanan hangat atau panas akan lebih mengeluarkan aroma yang menyengat. Nah, inilah yang akan membuat beberapa ibu hamil merasakan mual dan kehilangan nafsu makan. Agar dapat menghindari hal tersebut, ibu hamil dapat mendiamkan makanan terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsinya.

2. Membuat Makanan Lebih Bervariasi

Tentunya jika mengonsumsi makanan yang sama setiap hari kita akan merasakan bosan. Ini dapat membuat ibu hamil bosan untuk menyantapnya. Agar tidak merasakan bosan, ibu hamil dapat mencoba mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi, namun tetap mencukupi nutrisi yang tubuh butuhkan. Coba ganti menu makanan setiap hari, atau coba ganti cara penyajiannya. Seperti misalnya, kalau mual maka coba konsumsi sayuran hijau. Pastikan juga yang dikonsumsi sudah matang, ya.

3. Berolahraga Secara Rutin

Untuk meningkatkan rasa nafsu makan, ibu hamil dapat melakukan olahraga. Hal ini karena olahraga dapat membantu dalam menstimulasi itak untuk melepaskan senyawa yang dapat memperbaiki suasana hati dan juga merangsang nafsu makan. Ada beberapa olahraga yang aman bagi ibu hamil yang bisa dilakukan sekaligus untuk menambahkan nafsu makan, seperti berjalan-jalan santai dan juga berenang.

4. Tidur yang Cukup

Cara lain yang dapat coba dilakukan untuk menambahkan nafsu makan ibu hamil adalah dengan mencukupi waktu tidur. Karena jika tubuh terasa kurang fit saat sedang hamil, ini dapat menyebabkan munculnya rasa mual. Waktu untuk tidur malam yang ideal bagi ibu hamil adalah 7-8 jam. Jika ibu hamil dapat tidur siang selama 30-60 menit, maka ini akan membuat tubuhnya terasa lebih segar.

5. Mengonsumsi Vitamin

Ibu hamil juga dapat mengonsumsi vitamin prenatal yang sesuai dengan anjuran dokter dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika sampai merasa mual ketika mengonsumsi vitamin prenatal dalam bentuk tablet, maka ada pula bentuk vitamin prenatal yang dalam bentuk cair atau tablet kenyal.

6. Kurangi Stress

Tips terakhir yang dapat kami berikan adalah sebaiknya ibu hamil mengurangi stress. Karena hal ini ternyata dapat membuat nafsu makan berkurang. Coba lakukan aktivitas yang dapat meredakan stress, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau bermain di taman.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai kurnag nafsu makannya ibu hamil. Jika nafsu makan masih tidak kunjung membaik, ada baiknya periksakan ke dokter. Karena ada kemungkinan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan, seperti hiperemesis gravidarum, atau gangguan tiroid. Segera komunikasikan ke dokter untuk menangani hal tersebut.