Niat dan Tata Cara Sholat Taubat di Bulan Ramadhan Beserta Doa yang Dipanjatkan

Ramadhan sering dimanfaatkan umat Islam memperbaiki hubungannya bersama dengan Rabb-nya. Tak jarang bulan suci yang penuh berkah ini menyebabkan muslim getol melakukan ibadah, baik yang kudu maupun sunnahnya.

Ramadhan adalah bulan pembinaan umat Islam menuju derajat muttaqin. Di bulan Ramadhan umat Islam melakukan ibadah puasa yang tidak cuma menahan lapar dan haus.

Puasa adalah layanan raih ketakwaan, mensyukuri nikmat, melembutkan hati, mengendalikan syahwat, serta memfokuskan hati untuk berdzikir dan berpikir perihal keagungan dan kebesaran Allah SWT.

Pada bulan Ramadhan setan-setan dibelenggu dan hawa nafsu dikendalikan bersama dengan puasa. Pintu-pintu link spaceman pragmatic neraka ditutup, sementara pintu-pintu surga dibuka. Oleh karenanya, bulan suci ini terlalu kondusif untuk beramal saleh dan bertaubat kepada Allah SWT.

Sebelum jauh melangkahkan kaki di bulan Ramadhan, mari bertaubat meninggalkan kemaksiatan dan kesalahan yang pernah dilakukan baik disengaja maupun tidak disengaja. Taubat yang sesungguhnya adalah tidak mengulangi tingkah laku yang dilarang Allah SWT.

Cara bertaubat, sebagaimana diajarkan para ulama, dapat dilakukan bersama dengan melakukan sholat taubat. Berikut ini anjuran sholat taubat di bulan Ramadhan, jadi niat, tata cara, sampai doa setelah sholat taubat.

Pengertian Sholat Taubat dan Dalilnya

Sebelum ke anjuran sholat taubat, tersedia baiknya kita sadar pengertian dan dalil melakukan sholat taubat.

Syekh Nawawi di dalam kitab Nihâyatuz Zain menjelaskan, sholat taubat adalah sholat sunnah yang terdiri dua rakaat dan dilakukan sebelum seseorang bertaubat kepada Allah SWT.

Sholat taubat dilakukan sebagai bentuk permohonan ampunan dosa sekaligus penyesalan untuk tidak mengulangi kesalahan serupa. Hal tersebut berdasarkan terhadap hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi. Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ
Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa selanjutnya ia beranjak bersuci, melakukan shalat sesudah itu beristighfar meminta ampun kepada Allah jika Allah mengampuninya.”

 

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara sholat taubat tidak tidak serupa jauh bersama dengan sholat terhadap umumnya. Sholat ini di mulai bersama dengan niat. Berikut adalah lafal tekad sholat taubat yang dilakukan sebanyak dua rakaat.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Arab-latin: Ushall sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku punya niat melakukan sholat sunah taubat dua rakaat dikarenakan Allah Ta’ala”

Setelah niat, dilanjutkan bersama dengan gerakan-gerakan sholat terhadap umumnya. Seperti takbiratul ihram, membaca doa iftitah terhadap rakaat pertama, membaca surat Al-Fatihah, membaca surah di dalam Al-Qur’an sampai salam terhadap rakaat kedua.