Pencinta Sushi? Ini Dia Jenis Sushi yang Sering Anda Jumpai

Siapa yang suka sushi? Makanan khas Jepang yang satu ini memang memiliki penggemarnya tersendiri. Namun sayangnya, tidak semua orang terbiasa mengonsumsinya dan mungkin tidak terlalu familiar dengan rasanya. Maka tidak heran kalau mereka akan merasa kebingungan saat datang ke restoran sushi untuk pertama kalinya.

Nah, mungkin Anda sendiri juga sudah familiar dengan beberapa jenis sushi yang terasa enak untuk disantap. Atau Anda sendiri ingin mencoba menu baru yang belum pernah dicoba sebelumnya? Maka, membaca panduan ini sangat pas, lho!

Seperti merangkum dari Parade, Jumat (24/5/2024), tidak hanya sashimi, kalau Anda ingin mencoba jamuan lainnya spaceman pragmatic play berikut ini adalah beberapa panduan jenis sushi yang paling sering dijual. Tentunya hal ini bisa sebagai referensi sebelum melakukan reservasi atau masuk ke dalam restoran, sehingga Anda tidak perlu menanyakannya pada pelayan.

Alhasil, Anda dapat pergi ke restoran dengan perasaan percaya diri. Jadi, ini dia berbagai jenis sushi yang perlu Anda tahu:

1. Maki
Sebagian besar restoran sushi memiliki seluruh bagian menu yang didedikasikan untuk maki. Jadi, apa itu maki?

“Maki diterjemahkan menjadi ‘roll’ [dalam bahasa Jepang], kata Bryan Sekine, pendiri dan lead instructor di Secrets of Sushi.

Ia menjelaskan, maki adalah gulungan yang lapisan terluarnya adalah nori (rumput laut). Seringkali, maki terdiri dari isian (biasanya ikan dan sayuran) di tengahnya, nasi, dan nori sebagai lapisan luar.

2. Uramaki

‘Uramaki’ diterjemahkan menjadi ‘inside out roll’,” kata Sekine, menjelaskan bahwa ini berarti nasinya berada di luar, bukan rumput laut.

“’Ura’ berarti ‘sisi belakang dari sesuatu’ dalam bahasa Jepang,” kata Chika Ravitch, penulis Sushi For Beginners. “Uramaki diciptakan untuk orang Amerika oleh koki sushi Jepang karena banyak orang di AS tidak menyukai rasa makan nori, yaitu rumput laut hitam yang dapat dimakan.”

3. Nigiri
Jika Anda tidak menyukai nori (rumput laut), nigiri mungkin lebih sesuai dengan gaya Anda. Ravitch menjelaskan bahwa nigiri adalah nasi sushi berbentuk persegi panjang dengan sepotong ikan atau daging matang di atasnya.

Sekine mengatakan bahwa terkadang nigiri disajikan dengan sedikit nasi, bukannya dengan alas persegi panjang.

“Ini adalah bentuk sushi paling tradisional dan jenis sushi yang umum ditemukan di Jepang,” katanya.

Biasanya nasi nigiri mengandung cuka beras sebagai penambah rasa.

4. Sashimi

Sashimi mengacu pada irisan ikan yang paling sering disajikan mentah tetapi bisa juga dimasak,” kata Sekine.

Ravitch menambahkan bahwa sashimi tidak disajikan dengan nasi apa pun. “Di restoran sushi di Jepang, secara tradisional orang makan sashimi terlebih dahulu sebagai hidangan pembuka, baru kemudian makan sushi,” katanya.

5. Gunkan
Sekine menjelaskan bahwa gunkan adalah sejenis nigiri.

“Potongan rumput laut dililitkan di sekitar bola nasi dan di atasnya diberi bahan yang tidak bisa disajikan sebagai nigiri,” katanya.

Misalnya saja, katanya jika Anda memesan masago nigiri, maka sushi jenis ini dibuat dengan telur yang bentuknya seperti bola-bola kecil berwarna oranye, akan berbentuk gunkan karena akan memudahkan untuk menyantapnya.