Giani Infantino

Ngulik Sejarah FIFA, dari Asal-usul sampai Fungsinya

Setujukah kecuali sejarah FIFA itu cerita yang terlampau menarik? Dari sekumpulan negara yang berkumpul di Bpompulaumorotai Paris th. 1904, FIFA berkembang menjadi organisasi sepak bola paling berpengaruh di dunia. Sekarang anggotanya telah lebih dari 200 negara, termasuk Indonesia.

Mereka yang pernah hanya mengatur pertandingan antarnegara, saat ini menjadi pelopor dalam pengembangan sepak bola di seluruh penjuru dunia. Dari mulai peraturan main, promosi olahraga, sampai pengembangan bakat muda, seluruh tersedia di tangan FIFA!

Sejarah FIFA, Asosiasi Sepak Bola Internasional

Pembentukan FIFA (Federation Internationale de Football Association) diawali dari pertemuan di Paris, 21 Mei 1904. Awalnya, FIFA dibentuk oleh tujuh negara: Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swiss, dan Swedia.

Tujuan mulanya sederhana, yakni untuk menyatukan asosiasi sepak bola nasional Eropa. Sejak awal abad ke-20, sejarah FIFA sebagai pertumbuhan organisasi sepak bola ini terlampau pesat, dipicu oleh peningkatan pertandingan internasional.

Maka dari itu, tersedia keperluan akan sebuah otoritas pengatur di kalangan pemimpin sepak bola Eropa. Dengan inisiatif Robert Guerin, tujuh negara pendiri berkumpul di Paris untuk membentuk struktur kepemimpinan olahraga tersebut.

Enam th. setelah pendiriannya, organisasi ini memperluas cakupannya bersama menerima Afrika Selatan, negara non-Eropa pertama yang bergabung.

Hingga kini, termasuk Jules Rimet yang memimpin selama 33 th. mulai dari 1921 sampai 1954, telah tersedia tujuh presiden yang memimpin FIFA. Kini, Gianni Infantino dari Italia mengemban jabatan sebagai presiden, terpilih terhadap th. 2016 dalam Kongres FIFA.

Pemilihan ini diiringi oleh skandal korupsi yang menjerat sebagian pejabat FIFA, termasuk mantan presiden Joseph Blatter yang lantas mengundurkan diri dan dilarang oleh Komite Etik FIFA.

Dari sini, FIFA berkembang menjadi organisasi yang mengatur pertandingan internasional dan mempelopori pengembangan sepak bola di seluruh dunia. Saat ini, terdapat 211 asosiasi nasional yang tergabung bersama FIFA.

Masing-masing asosiasi nasional termasuk berada di bawah bendera konfederasi regional berdasarkan letak benua: CAF (Afrika), AFC (Asia dan Australia), UEFA (Eropa), CONCACAF (Utara & Tengah Amerika dan Karibia), OFC (Oseania), dan CONMEBOL (Amerika Selatan).

Markas Besar FIFA

Headquarter atau markas besar FIFA kala ini berlokasi di Zurich, Swiss. Tepatnya, tersedia di Zurichberg yang didirikan terhadap th. 2006. Markas besar ini memiliki banyak kantor dan ruangan pendukung lainnya, layaknya ruang meditasi, pusat kebugaran, dan gym.

Ada termasuk lapangan sepak bola internasional dan lapangan sepak bola pantai. FIFA termasuk merupakan badan formal yang mengatur sepak bola pantai dan futsal.

Sejarah World Cup yang Diselenggarakan FIFA

Piala Dunia FIFA pertama, diselenggarakan terhadap th. 1930, merupakan peristiwa mutlak dalam sejarah sepak bola. Turnamen ini diselenggarakan di Uruguay. Saat itu, Uruguay merayakan seratus th. kemerdekaannya.

Namun, hanya 13 tim yang berpartisipasi dalam turnamen ini, bersama mayoritas tim berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Utara. Eropa hanya diwakili oleh empat tim dikarenakan banyak negara enggan melakukan perjalanan jauh ke Amerika Selatan.

Uruguay, sebagai tuan rumah, sukses memenangkan turnamen ini, mengalahkan Argentina di final bersama skor 4-2 di depan lebih dari 93.000 pemirsa di Stadion Centenario, Montevideo.

Tapi sekarang, Piala Dunia telah menjadi event olahraga besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh dunia. Setiap empat th. sekali, negara-negara dari beraneka benua berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di sepak bola.

Di bawah pengaturan dan sejarah FIFA, tidak dapat dipungkiri bahwa sepak bola menjadi sebuah olahraga terpopuler di dunia. Kurang lebih 150 juta atlet teregistrasi, termasuk 10 juta perempuan, dan ditonton miliaran individu di stadion maupun televisi seantero dunia.

Adapun Piala Dunia 2014 di Brasil telah disiarkan terhadap saluran di 200 negara. Di dalam stadion, keseluruhan 3.429.873 pemirsa membanjiri 64 pertandingan, bersama biasanya 53.592 tiap tiap pertandingan.

FIFA, selain mengatur kejuaraan dunia utamanya, termasuk bertanggung jawab atas pengawasan persaingan sepak bola Olimpiade, baik tim putra maupun putri. Olimpiade ini diselenggarakan bersama Komite Olimpiade Internasional empat th. sekali.

FIFA termasuk telah melakukan Piala Konfederasi FIFA yang merupakan turnamen antar juara konfederasi. Ada termasuk Piala Dunia Klub FIFA yang pertama kali terlaksana di Brasil terhadap inisiasi th. 2000.

Artikel Terkait Tentang Sejarah:

Sejarah Candi Prambanan dari Pembuatan hingga Jadi Situs Warisan Dunia

Awal Mula Manusia Merokok, Bagaimana Sejarahnya?

Fungsi FIFA

FIFA bermanfaat lebih dari sekadar mengadakan pertandingan sepak bola internasional. Mereka memiliki peran besar dalam meyakinkan sepak bola dimainkan bersama standar tertinggi di seluruh dunia.

Salah satu tugas utama dari awal pembentukan FIFA adalah menyusun dan menegakkan peraturan main sepak bola. Mereka pun bertanggung jawab mengatur persaingan internasional, layaknya Piala Dunia.

Tentunya juga, FIFA berfokus terhadap pengembangan sepak bola di tiap tiap negara asosiasi. Mereka berikan pemberian ke asosiasi anggota untuk mengembangkan olahraga ini di negara masing-masing.

Tugas FIFA

Tugas FIFA itu terlampau luas! Selain mengatur persaingan internasional layaknya Piala Dunia, mereka termasuk memiliki tanggung jawab besar dalam mengawasi transfer pemain antar tim.

FIFA memutuskan standar untuk wasit, pelatih, dan tim medis untuk meyakinkan seluruh berjalan sesuai aturan. Mereka termasuk aktif mempromosikan sepak bola di seluruh dunia, bukan hanya di negara-negara besar, namun termasuk di tempat yang sepak bolanya masih berkembang.

Setiap bulan, FIFA mengeluarkan daftar Peringkat Dunia FIFA yang menjadi acuan prestasi tim nasional. Dan yang menarik, mereka termasuk beri tambahan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Penghargaan pemain terbaik tahunan versi pria kala ini dikenal sebagai Pemain Terbaik Pria FIFA, sebuah penghargaan yang pada mulanya dikenal sebagai FIFA Ballon d’Or (2010-2015) dan Pemain Terbaik Dunia FIFA (1991-2009).

Sedangkan, versi wanita dikenal sebagai Pemain Terbaik Wanita FIFA, pada mulanya dikenal sebagai Penghargaan Pemain Terbaik Dunia Wanita FIFA (2001-15).

Jadi, tugas FIFA itu tidak hanya di lapangan, namun termasuk di balik layar, meyakinkan sepak bola tetap menjadi olahraga yang adil dan menarik untuk seluruh orang.

Pentingnya FIFA dalam Dunia Sepakbola

Seperti yang telah dijelaskan, FIFA mengatur seluruh aspek dalam permainan sepakbola. Namun, mereka tidak hanya membawa dampak peraturan saja.

FIFA memperkirakan sekitar 500 juta orang di dunia terhubung bersama sepak bola baik melalui pertandingan, wasit, klub, atau sekadar melihat pertandingan.

Sebagian besar persaingan berikut berbentuk profesional. Secara global, olahraga ini membuahkan ratusan miliar dolar tiap tiap tahunnya.

Oleh dikarenakan itu, FIFA bergerak untuk meyakinkan tiap tiap permainan ini tetap berbentuk universal. Artinya, tiap tiap pihak dapat mengakses, menikmati, dan berpartisipasi secara segera tanpa terdapatnya pembentukan liga atau kejuaraan lain yang idamkan mengantarai diri.

Nah, itu dia perjalanan sejarah FIFA dan perannya dalam dunia sepak bola. Dari mulanya hanya tujuh negara, kini FIFA telah menjadi organisasi international yang mengatur sepak bola di seluruh dunia.