sejarah ringgit

Sejarah Mata Uang Ringgit Malaysia

Mata uang resmi Malaysia adalah ringgit, yang kode mata uangnya adalah MYR. Berikut adalah sejarah singkat mata uang ringgit di Malaysia:

  1. Pengenalan Ringgit: Ringgit diperkenalkan pada tahun 1967 setelah Malaysia merdeka. Sebelumnya, mata uang yang digunakan adalah dolar dan sen Malaya dan British Borneo.
  2. Pegangan Dolar Malaysia: Pada awalnya, ringgit dipegang dengan nilai yang sama dengan dolar Malaysia raja zeus sebesar 1 ringgit = 1 dolar. Namun, pada tahun 1973, Malaysia beralih ke sistem nilai tukar mengambang bebas, yang memungkinkan nilai ringgit berfluktuasi terhadap mata uang lainnya.
  3. Krisis Keuangan Asia: Pada tahun 1997, Malaysia mengalami dampak yang signifikan dari Krisis Keuangan Asia, yang mempengaruhi nilai ringgit secara dramatis. Pemerintah Malaysia pada saat itu mengambil langkah-langkah ekonomi untuk menstabilkan mata uangnya.
  4. Pegangan terhadap Dolar Amerika: Pada tahun 1998, Malaysia memperkenalkan kembali pegangan terhadap dolar Amerika Serikat dengan nilai 3,8 ringgit per dolar. Ini bertujuan untuk mengatasi gejolak ekonomi yang diakibatkan oleh krisis sebelumnya.
  5. Pembaharuan Mata Uang: Pada tahun 2004, Malaysia memperkenalkan mata uang baru dengan desain yang lebih modern. Mata uang ini tetap menggunakan nama ringgit.
  6. Penguatan dan Penurunan Nilai: Sejak itu, ringgit mengalami periode penguatan dan penurunan nilai tergantung pada faktor-faktor ekonomi dan politik domestik dan global.

Ringgit Malaysia memiliki denominasi yang bervariasi, mulai dari sen hingga ringgit. Mata uang ini digunakan secara luas di Malaysia untuk transaksi sehari-hari.