Sejarah Penemuan Kertas Untuk Menulis dan Menggambar

Kertas merupakan benda yang sangat memiliki banyak fungsi, baik itu untuk menulis, mencatat, dan bahkan membungkus gorengan. Tentu kehadiran kertas menghadirkan makna yang besar di dalam kemajuan dunia.

Karena adanya kertas, sejarah dari peradaban manusia bisa terdokumentasikan dengan lebih baik hingga saat ini. Tapi tahukah kamu bagaimana sejarah dari penemuaan kertas? Lalu siapa yang bisa menemukan benda super ajaib ini?

Kertas adalah media yang dipakai untuk bisa menulis atau mencetak sesuatu. Sebelum ditemukannya kertas, orang-orang ternyata menulis di atas batu, bambu, atau di dinding-dinding gua.

Ternyata, perkembangan judi bola resmi penciptaan kertas pertama kali terjadi di China. Era pembuatan kertas modern tersebut merupakan cikal bakal dari sejarah kertas, di mana ini dibuat oleh seorang penjabat asal negeri Tirai Bambu tersebut.

Ia adalah Tsai Lun, seorang penjabat yang ada di pemerintahan Dinasti Han sekitar tahun 105 masehi. Tsai Lun yang kala itu merupakan seorang pegawai pengadilan kekaisaran mulai diangkat untuk menjadi sekretarid kerajaan di 89 Masehi.

Sebagai seorang sekretaris kerajaan, ia sangat akrab dengan kegiatan menulis. Pada awalnya, ia harus menulis di atas media berupa bambu dan juga bahan sutra. Ini cukup menyulitkan dirinya, karena sulit untuk bisa dibawa-bawa.

Dengan pengalamannya itu, ia pun terpikirkan untuk menciptakan media tulis yang lebih praktis dan memiliki harga yang terjangkau. Di tahun 105 masehi, ia pun mulai untuk melakukan eksperimen dalam mencari bahan alternatif yang bisa digunakan menjadi media tulis. Akhirnya, ia pun menemukan ide untuk membuat kertas dari bahan kulit pohon murbei.

Cara yang ia lakukan untuk membuat kertas pada masa itu adalah dengan merendam kulit murbei bersamaan dengan bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah itu ia memukul kulit itu hingga seratnya terlepas dan menjadi bubur. Bahan yang sudah pipih itu pun dijemurnya dan jadilah kertas.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak permintaan kertas buatan Tsai Lun yang datang dari pelosok negeri selama era Dinasti Han. Terutama sejak semakin banyak karta klasik banyak dihancurkan oleh dinasti sebelumnya, dan juga ajaran konfusius mulai resmi didokumentasikan untuk pertama kalinya dimasa tersebut.

Nah, itulah sejarah singkat dari pembuatan kertas yang bisa menambah wawasan kamu.