Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW Waktu Mekkah Tahun 2024

Sebelum hijrah ke Madinah pada tahun 622, Nabi Muhammad lebih dulu berdakwah di Mekkah dan mendapatkan wahyu pertamanya di sana.

Perjuangan Nabi Muhammad di Mekkah berlangsung sekitar 13 tahun, sebelum akhirnya hijrah ke Madinah.

Dakwah Rasulullah di Mekkah slot depo 5k qris dilaksanakan dengan dua metode, yakni secara bersembunyi-bersembunyi dan terang-terangan di muka publik.

Berikut ini sejarah pengorbanan Nabi Muhammad SAW jangka waktu Mekkah.

Tahapan dakwah Nabi Muhammad di Mekkah

Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT untuk pertama kalinya pada 17 Ramadan 610 Masehi.

Cara pertama yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW pada jangka waktu dakwah di Mekkah yakni menyebarkan Islam secara bersembunyi-bersembunyi.

Dakwah secara bersembunyi dilaksanakan terhadap keluarga dan teman dekat, yang dimulai dengan mengajak istrinya, Siti Khadijah.

Sesudah itu, sebagian kerabat dan teman yang memeluk Islam yakni Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, Abu Bakar, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa’ad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah Abdurrahman bin Auf, Abu Ubaidah bin Jarrah, dan Al-Arqam bin Abil Arqam.

Mereka itulah yang diketahui sebagai Assabiqunal Awwalun atau orang-orang pertama yang masuk Islam dan nantinya menyokong dakwah Nabi secara terang-terangan.

Dakwah secara bersembunyi-bersembunyi dilaksanakan agar tidak mengagetkan kaum Quraisy di Mekkah yang masih fanatik terhadap paganisme dan kemusyrikan.

Kisah dakwah Nabi Muhammad secara bersembunyi-bersembunyi dilaksanakan selama tiga tahun.

Selama masa dakwah ini, Nabi Muhammad sukses mengajak 40 sampai 50 orang untuk memeluk Islam.

Sesudah melakukan dakwah secara bersembunyi-bersembunyi, turunlah wahyu Allah SWT yang memerintahkan Nabi Muhammad untuk dakwah secara terang-terangan.

Dakwah secara terang-terangan dilaksanakan Nabi Muhammad secara terbuka di depan masyarakat Mekkah.

Pada masa ini, Nabi Muhammad mendapatkan banyak tantangan, secara khusus penghinaan dan ancaman dari kaum Quraisy.