Tempat Wisata Di Sabang Dengan Titik 0 Kilometer Indonesia Populer

Titik Nol Kilometer Indonesia terletak di Kota Sabang, Provinsi Aceh, tepatnya di Gampong Ie, Kecamatan Sukajaya. Kota Sabang sendiri merupakan salah satu kota di Pulau Weh, yang merupakan bagian dari Kepulauan Nanggroe Aceh Darussalam. Sebagai titik awal atau titik nol kilometer, Sabang menjadi destinasi wisata menarik dengan sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi:
  1. Monumen Nol Kilometer:
    • Monumen Nol Kilometer Sabang adalah simbol titik awal dari Indonesia. Monumen ini terletak di Gampong Ie, sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Sabang. Pengunjung dapat mengambil foto sebagai kenang-kenangan di sini.
  2. Pantai Iboih:
    • Pantai Iboih terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau. Pantai ini merupakan tempat link sbobet88 yang populer untuk menyelam dan snorkeling. Beberapa tempat menarik di sekitarnya adalah Pulau Rubiah dan Gua Sarang.
  3. Pulau Weh:
    • Selain Pantai Iboih, Pulau Weh memiliki pantai-pantai indah lainnya seperti Pantai Gapang, Pantai Kincir Angin, dan Pantai Kasih. Pulau Weh juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.
  4. Pantai Sumur Tiga:
    • Pantai Sumur Tiga adalah pantai yang menarik dengan air yang jernih dan keindahan alam sekitarnya. Pantai ini dapat diakses dengan berkendara sekitar 30 menit dari pusat Kota Sabang.
  5. Pantai Anoi Itam:
    • Pantai Anoi Itam terkenal karena pasirnya yang berwarna hitam. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sabang dan menjadi tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbenam.
  6. Gunung Seulawah Agam:
    • Gunung Seulawah Agam merupakan gunung yang terletak di Pulau Sumatra bagian utara. Meskipun tidak berada di Pulau Weh, gunung ini dapat diakses dari Kota Sabang dan menawarkan petualangan mendaki yang menarik.
  7. Museum Tsunami Aceh:
    • Meskipun berhubungan dengan tragedi tsunami, Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh (tempat kedatangan ferry dari Sabang) memberikan pemahaman mendalam tentang kejadian tersebut dan upaya rekonstruksi.
  8. Makam Sultan Iskandar Muda:
    • Sabang juga memiliki sejarah panjang, dan Makam Sultan Iskandar Muda adalah tempat bersejarah yang dapat dikunjungi. Sultan Iskandar Muda merupakan sultan yang memerintah Aceh pada abad ke-17.
  9. Pusat Kota Sabang:
    • Jangan lewatkan untuk menjelajahi pusat kota Sabang yang ramai dengan pasar tradisional, warung makan, dan aktivitas lokal lainnya.
Ketika mengunjungi titik nol kilometer Indonesia di Sabang, Anda dapat menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, dan sejarah yang dimiliki oleh pulau ini.